RUJAK ACEH KELAPA MUDA



Pidie- Licah U groh bagi kalangan orang desa mungkin tidak asing lagi dengan nama tersebut. kali ini saya mencoba meracik langsung cara pengolahan Lincah U Groh bersama para pemuda gampong di balai pinggir sawah yang biasa pemuda disini sebut dengan sebutan Bale Hagu, walaupun berbeda cara pengolahan nya dengan tempat-tempat lain namun tujuan nya tetap satu tersajinya Lincah U Groh yang mantapp hehehe.

 




Hari mulai masuk ba’da zuhur kami semua berkumpul di bale hagu untuk pembagian job, supaya pekerjaan lebih mudah dan cepat, mulai dari memetik kelapa, memotong batang kedongdong dan bahan-bahan lain yang diperlukan.
Bahan pertama yang harus disediakan adalah kelapa U groh yang belum ada daging, jeruk nipis, asam kana, cabai rawit,belimbing, gula, kacang tanah yang telah digonseng.





Pembuatan nya sangat sederhana dengan cara ditumbuk sampai daging kelapa terkelupas dari batoknya dengan batang kedondong lansung didalam batok kelapa yang telah dimasukan beberapa bahan seperti kacang, belimbing, asamkana, cabairawit. Setelah selesai ditumbuk di satukan semua dalam ember yang telah berisi air kelapa, jika pembuatannya dalam jumlah besar. Setelah terkumpul dalam satu ember barulah diaduk dan jangan lupa tambah gula pasir, jeruk nipis, jika mau dinikmati dalam keadaan dingin tambah lagi dengan es batu untuk lebih mantap.

Nah sekarang baru lah tersaji Lincah U Groh dalam batok kelapa nya dan langsung bisa dinikmati.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Invech Group is certified for behavior and regulates cryptocurrency and ICO related companies through the East Timorese authorities. IV Token is a platform token for all Invech agents that can be used in cryptocurrency trading and future structures.

Splendid Afro Minerals Co. Ltd. The company registered in Ghana is 100% owned by founder GoldeNugget